Kirim Container Mudah Dengan Maros Solusindo!
pengiriman container surabaya no.1

Apa itu hand stacker? Fungsi, Jenis & perannya dalam pengiriman Logistik

hand stacker

Dalam dunia industri yang terus berkembang untuk mencapai efisiensi dan produktivitas maksimal, alat angkutan seperti Hand Stacker menjadi sangat penting dalam mengoptimalkan rantai pasok logistik. Namun, seberapa jauh pengetahuan Anda tentang perangkat ini?, disini kita akan membahas mengenai Apa itu hand stacker? Fungsi, Jenis perannya dalam pengiriman logistik

Apa itu Hand Stacker?

Hand stacker merupakan alat angkutan yang terdiri dari dua garpu panjang yang dapat diatur untuk melakukan pergerakan naik turun pada tinggi tertentu. Sering disebut sebagai hand lift atau forklift manual, perangkat ini umumnya digunakan di berbagai tempat seperti pabrik, gudang industri, swalayan, bengkel, dan lokasi produksi lainnya.

Sebagai alternatif dari forklift, hand stacker berfungsi sebagai pilihan yang lebih ringan. Dikenal juga sebagai hand forklift, alat ini memiliki kapasitas maksimal angkut sebesar 2 ton. Perbedaannya dengan forklift terletak pada ketiadaan counter balance atau beban penyeimbang, sehingga kapasitas angkutnya terbatas.

Hand stacker dapat mengangkat benda pada ketinggian antara 1 hingga 6 meter. Keunggulan lainnya adalah desain body yang ramping, membuatnya sangat cocok digunakan di area dengan ruang yang terbatas. Selain itu, hand stacker menjadi pilihan yang ekonomis dibanding forklift, menjadikannya solusi yang praktis untuk berbagai kebutuhan pengangkutan dalam ruang yang terbatas.

Fungsi Hand Stacker 

hand stacker

Hand stacker merupakan alat yang memiliki berbagai fungsi penting dalam mendukung berbagai kegiatan logistik dan penyimpanan. berikut ini beberapa fungsi dari hand stacker:

1. Mengangkat dan Menurunkan Barang 

Hand stacker memiliki peran penting dalam operasi logistik dengan mengangkat dan menurunkan barang secara efektif. Kemampuannya untuk melakukan tugas ini dengan kecepatan dan presisi tinggi mengurangi risiko penanganan manual yang lambat. Dalam penempatan barang di rak penyimpanan atau gudang, hand stacker memaksimalkan ruang penyimpanan dan mencegah kerusakan barang.

Selain itu, dalam pemindahan barang yang dikemas dalam pallet, hand stacker mempermudah pengangkatan dan penurunan pallet secara efisien. Fungsi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga berkontribusi pada keamanan dan kesejahteraan pekerja logistik dengan mengurangi risiko cedera dan kelelahan.

2. Membantu Mengelola Penyimpanan Dalam Gudang

Membantu mengelola Penyimpanan dalam gudang adalah salah satu fungsi utama dari hand stacker dalam industri logistik. Alat ini memainkan peran penting dalam mengelola dan menyusun stok dengan efektif di dalam ruang penyimpanan gudang. Kemampuannya untuk mengangkat dan menurunkan barang dengan presisi tinggi memungkinkan pengaturan yang optimal di rak penyimpanan.

Hand stacker membantu menciptakan keberlanjutan ruang penyimpanan, memungkinkan barang-barang untuk ditempatkan secara efisien di tingkat yang berbeda tanpa resiko kekacauan atau kerusakan. Dengan demikian, hand stacker berkontribusi pada optimalisasi pemanfaatan ruang gudang, meningkatkan kapasitas penyimpanan, dan secara langsung mengurangi kebutuhan akan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Dalam operasi logistik yang melibatkan berbagai jenis barang, hand stacker dapat menyesuaikan pengangkatan dan penurunan sesuai dengan karakteristik dan ukuran barang tersebut. Hal ini menciptakan sistem penyimpanan yang fleksibel dan dapat diatur ulang sesuai dengan perubahan kebutuhan stok atau jenis barang yang disimpan.

3. Mengurangi Resiko Cedera

Salah satu fungsi yang sangat penting dari hand stacker dalam logistik adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko cedera di lingkungan kerja. Dalam operasi logistik tradisional, pengangkatan dan pemindahan barang secara manual dapat menimbulkan risiko cedera serius bagi pekerja. Hand stacker, dengan desain ergonomis dan kemampuan otomatisasinya, meminimalkan keterlibatan manusia langsung dalam tugas-tugas fisik yang berat.

Dengan menggunakan hand stacker, pekerja tidak lagi perlu mengangkat atau menurunkan barang secara manual, mengurangi risiko cedera punggung, bahu, atau lengan akibat beban yang berat. Fungsi otomatisasi hand stacker juga membantu mengurangi risiko kecelakaan karena operator dapat mengendalikan operasinya dari jarak yang aman, mengurangi paparan potensial terhadap bahaya lingkungan kerja.

Selain itu, hand stacker dapat dirancang dengan fitur-fitur keamanan tambahan, seperti sensor penghentian otomatis untuk mencegah tabrakan atau penjepitan, yang dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja. Dengan demikian, hand stacker tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan mendukung kesejahteraan pekerja.

Penggunaan hand stacker sebagai pengganti tugas-tugas manual berat bukan hanya investasi dalam produktivitas, tetapi juga langkah penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja logistik. Dengan mengurangi risiko cedera, hand stacker berperan sebagai alat yang mendukung tujuan keselamatan kerja yang krusial dalam dunia logistik modern.

Jenis Hand Stacker dalam Pengiriman & Penyimpanan Barang

Dalam dunia logistik, hand stacker hadir dalam berbagai jenis yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam proses pengiriman dan penyimpanan barang. Berikut ini adalah tiga jenis hand stacker:

1. Hand Stacker Manual

Pertama, terdapat Hand Stacker Manual, yang beroperasi dengan cara pemompaan manual menggunakan tangan atau kaki untuk menggerakkan benda naik turun. Dengan kapasitas angkut hingga 2 ton dan ketinggian maksimal 3 meter, hand stacker manual memungkinkan pengaturan lebar garpu yang disesuaikan. Meski menggunakan mekanisme hydraulic, hand stacker manual dianggap sederhana dan praktis, memungkinkan pengangkatan beban besar di berbagai lokasi.

2. Hand Stacker Semi Elektrik

Kemudian, Hand Stacker Semi Elektrik merupakan evolusi dari versi manual. Meskipun masih menggunakan mekanisme hydraulic, pemompaan dilakukan dengan tenaga baterai. Hand stacker ini dapat menaikkan dan menurunkan garpu secara manual, tetapi transfer barang dapat dilakukan dengan bantuan energi baterai. Dengan kapasitas angkut hingga 2 ton dan tinggi maksimal 3,5 meter, hand stacker semi elektrik membawa kecepatan dan efisiensi tambahan dalam pemindahan barang.

3. Hand Stacker Elektrik

Terakhir, Hand Stacker Elektrik menjadi jenis paling modern yang sepenuhnya mengandalkan baterai atau tenaga listrik. Dengan kapasitas angkat hingga 1,5 ton dan tinggi mencapai 5 meter, hand stacker elektrik dapat dioperasikan secara otomatis dengan menekan tombol pada sistem kontrol. Keunggulan lainnya termasuk kinerja yang cepat, efektif, serta bekerja tanpa suara bising. Cocok digunakan di berbagai industri, hand stacker elektrik menghadirkan solusi modern yang efisien dan ramah lingkungan.

Hand stacker memenuhi berbagai kebutuhan logistik dari yang sederhana hingga kompleks, memberikan fleksibilitas dan efisiensi yang diperlukan dalam mengelola proses penyimpanan dan pengiriman barang.

Dengan demikian, penggunaan hand stacker terus berperan penting dalam menghadapi tantangan dan mencapai tujuan logistik dalam era industri yang terus berkembang.

Find post

Categories

Artikel Lainnya